Pengalaman Mengatasi Penyakit Ambeyen

Ane mau berbagi pengalaman aja nih buat agan-agan sekalian, sebagai rasa terima kasih buat Allah SWT yang telah memberikan ane kesembuhan dari penyakit yang menyakitkan dan terkadang " memalukan " ini, ane mau nulis pengalaman ane menghadapi yang namanya " Ambeien " atau bahasa kerennya " Hemorrhoid ".

Langsung aja ye,
Ane kira agan-agan di sini udah pada pinter jadi ane nggk usah bertele-tele jelasin apa itu ambeien / wasir / hemorrhoid. Agan yang pernah mengalami pasti tau gimana sakitnya, , luar biasa menurut ane. Bahkan ane baca di situs kesehatan kalo operasi wasir itu sangat menyakitkan !



Jadi kejadiannya, ane mulai sakit akhir desember, rasanya nggak nyaman banget buat duduk, bahkan buat jalan aja sakit, jadi ane putusin buat berobat ke RS Swasta di Yogyakarta. Ane di vonis penyakit bukan ambeien, ane sih nurut aja gan, dikasih obat yang harganya bikin ....selama pengobatan, agak mereda rasa sakitnya. Begitu obatnya habis, ane ngerasa tambah parah gan ! , jadi ane mutusin buat berobat ke kampus biar gratis ( maklum anak kos mana ). Sampai di sana, Ane di vonis sama dokternya kena Ambeien ! Sempat shock juga sih, tapi dokternya bilang nggak perlu operasi...agak lega mendengarnya . Tetapi rasa lega itu hanya sebentar aja karena ane harus nebus obat di apotik lagi ....

Selama 3 hari, rasa sakit pun berkurang drastis tapi masih ada nyeri, kebetulan lagi UAS, nggk bisa pulang. Selesai UAS, ane langsung mudik ke rumah gan . Sampai di rumah, obatnya habis dan rasa-rasanya kok kambuh lagi . Ane sampe heran, ini penyakit bandel amat ye, sampe akhirnya periksa ke RS di kota ane. Hasil pemeriksaan dokter umum katanya ada " semacam " wasir tapi dokternya bilang hanya " semacam " belum tentu wasir. Ane jadi takut dan dirujuk ke dokter spesialis bedah.

Lebih shock lagi ketika dokter bedah bilang kalau harus di " operasi " . Langsung ane lemes, bayangin sakitnya, biayanya juga...Ortu ane juga sampe lemes juga.

Entah darimana saudara-saudara ane pada tau kalau ane sakit gituan, mereka pada datang jenguk dan kasih saran n solusi, yang jelas operasi itu cara paling akhir kalau udah nggak ada jalan lain. Ya....ane sih cuma bisa dengerin n ngelakuin saran-saran mereka yang ternyata juga pernah mengalami hal yang sama. Bedanya, punya ane wasir nya di luar, kalau mereka di dalam. Kayaknya sih sama aja, karena sama-sama wasir, bedanya wasir luar sakitnya lebih dari wasir dalam.

Sebelumnya mereka tanya dulu apa yang ane lakuin sebelum kena wasir, ane jadi ingat....
1. Mie Instan
Ane sebelum kena tuh wasir, lagi demen banget yang namanya Mie Instan, anak kos terutama Jogja pasti tau kalau Mienya Burjo lebih enak dari bikinan sendiri. Nah kebetulan lagi punya duit mepet jadi makan mie terus

2. Nggk makan sayur
Sejak ane suka makan mie, jadi kurang suka makan sayur lagi karena udah kenyang dan entah kenapa lidah nggk mau berpaling ke sayur lagi

3. Kurang minum air putih
Biasanya ane beli makan di warung terus dibawa pulang ke kos, nah karena ane sering makan di burjo makanya pesen minum sekalian, biasanya teh anget ato susu. Habis itu balik kos jadi nggk minum lagi, udah kekeknyangan...

4. Makan yang pedas dan bahan " pemedas "
Nggak afdol namanya kalo makan nggak pedes, ane suka yang pedes-pedes. Bahkan beli bahan pemedas yang ada levelnya ( baca : B*n Cabe ) yang level 10. Di sana aturannya buat 3-5x pemakaian, tapi ane malah jadi 1x pemakaian.... Emang sih pedasnya mantap, tapi " keluarnya " juga mantap gan

5. Kebanyakan duduk
Ngurusin skripsi bikin ane betah banget duduk, kalo udah bosen pindah main game online ( baca : Ragnar*k ), kalau kalah balik skripsi lagi, terus berulang-ulang sampe lupa dari pagi sampai sore....

6. Jarang Olahraga
Gara-gara itu ane jadi jarang gerak, berpindah tempat kalau mau makan sama ke WC doang....

7. Stress
Ane tipe orang yang susah tidur kalau ada suara-suara di sekitar ane. Belum lagi ditambah kejaran proyek dosen dengan deadline mendadak bikin ane stress...

Habis ane cerita panjang lebar, saudara ane cuma bisa ngangguk2 doang sambil ketawa. Ane cuma bisa terkapar di kasur sambil tengkurap n dipijitin tante, katanya bisa mengurangi nyeri wasir. Bukannya mengurangi malah menambah nyeri  soalnya kena bagian " tonjolan " wasir ane.

Sejak mereka datang, ane di kasih macam-macam tradisi turun temurun buat mengobati wasir neh, semoga agan-agan yang kena wasir juga bisa coba

# 1. Makan Pepaya
Buah ini ternyata selain rasanya yang manis, juga melancarkan pencernaan. Kan tau sendiri wasir itu karena kita " ngeden " gara-gara kurang lancar. Nah selama pengobatan ini, ane tiap hari disuruh makan pepaya sebanyak-banyaknya.
Efek : Kayak di Iklan " BAB Lancar, Perut Terasa Longgar "

# 2. Makan Sayur Hijau
Sayur Hijau yang disarankan ke ane adalah Daun Ubi Jalar tapi sebenernya sayur hijau yang lain boleh juga. Padahal ane baca di internet, Daun Ubi Jalar buat melancarkan produksi ASI ( ane cowok gan ) , tetapi setelah baca dengan teliti, Daun Ubi Jalar dapat meningkatkan kadar trombosit dalam darah. Wasir kalau udah parah kan mengeluarkan banyak darah gan . Pengolahan sayurnya pun harus dibikin " sayur bening " dan kuahnya jg diminum.

#3. Minum Jus Daun Binahong
Agan bisa search aja di mbah google kalau belum tau apa itu " Binahong ", atau mau kunjungi Blog ane juga boleh . Daun binahong memang terkenal buat mengobati wasir karena sifat zat kimia di dalamnya dan tidak menimbulkan efek samping. Bahkan bisa meningkatkan " kejantanan " pria .

# 4. Minum Obat Cina
Ane bukannya mau promosi ya gan, ane jg nggk jual tuh produk, ane cuma konsumsi aja. Ane disaranin minum obat cina namanya " Fargelin ". Murah kok, cuma 10ribuan. Isinya 36 tablet, bisa buat 6 hari karena dosisnya 2x sehari @3tablet.

# 5. Hindari Makanan Pedas
Yang ini wajib gan, 3 dokter yang ane kunjungi mengatakan hal yang sama. Pernah ane sekali coba makan pedas, paginya sakit banget, . Habis itu kapok nggk mau lagi sampe bener-bener sembuh.

# 6. Minum Banyak Air Putih
Ini juga penting gan, paling nggak 8 gelas sehari ( sesuai saran dokter ). Kalau yang ini ane emang udah dari dulu.

# 7. Minum Minuman Prebiotik
Biar makin " lancar ", bisa kok ditambah minum minuman prebiotik kayak " Yak*lt , Vit*Charm, dll " Cuma minumnya jangan bareng sama obat sama jus daun tadi.

# 8. Banyak Istirahat n Jangan Banyak Duduk
Ane saranin sih banyak istirahat gan, kalo bisa tidur tengkurap. Jangan banyak duduk juga, kalau kangen sama kaskus, lewat hp atau apalah yang bisa sambil tiduran.

# 9. Berendam air hangat + Serbuk PK
Terutama habis BAB gan, ane berendampake air hangat yang udah dilarutin serbuk PK, kurang lebih selama 10 menit. Serbuk PK bisa dibeli di apotik, murah kok, hanya 5000 buat berkali-kali. ( NB : Pakai serbuk PK nya sesuai aturan ya gan, jangan terlalu pekat tapi jangan terlalu encer juga )

# 10. Bersihkan Pake Kapas
Sehabis berendam, bersihin bagian tersebut dengan kapas. Caranya jangan digosok tetapi ditekan pelan-pelan sampai kering.

# 11. Olesi dengan Gentamycin Sulfate
Kalau yang ini boleh dilakuin boleh tidak gan, Itu salep antibakteri bisa diperoleh di Apotik. Oleskan pada bagian tersebut sampai rata.

# 12. Kurangi makanan berlemak dan gorengan
Selama pengobatan, ane menghindari makanan berleman dan goreng-gorenang karena sifatnya yang panas bagi pencernaan.

# 13. Doa
Penutupnya adalah doa, usaha tanpa doa bisa menjadi sia-sia . Berdoa semoga cepat sembuh dan nggk kena wasir lagi. Amin

sumur : agan : panduz33
http://www.kaskus.co.id/thread/5109f7698227cfc619000009/berbagi-pengalaman-mengobati-ambeien/

Artikel Terkait

Share this:

Disqus Comments