Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Komedo merupakan masalah kulit yang sering dialami oleh remaja.ada banyak cara menghilangkan komedo yang bisa kita coba. Tetapi sebelum membahas apa saja cara mudah menghilangkan komedo
alangkah lebih baik kita ketahui dulu apa penyebab munculnya komedo kemudian kita bahas cara menghilangkan komedo secara alami. kita menggunakan cara alami dalam menghilangkan komedo karena cara tersebut relative aman untuk merawat kulit kita dan cara tersebut cukup efektif walaupun membutuhkan waktu yang tidak sebentar.


Komedo merupakan masalah kulit yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri tersebut muncul dikarenakan kurangnya kebersihan pada wajah kita, seperti keringat yang bercampur dengan debu dan polusi udara kemudian tidak dibersihkan akan menimbulkan komedo. Biasanya bagian wajah yang paling sering menjadi sasaran komedo adalah hidung dan sekitar mata.komedo terbagi atas 2 macam yaitu:

1.komedo hitam (Blackhead)
Komedo hitam atau komedo terbuka adalah bintik hitam yang muncul pada pori-pori wajag. Komedo jenis ini lebih sering dialami oleh remaja.

2.Komedo Putih (Whitehead)
Komedo putih atau komedo tertutup adalah bintik putih yang menonjol dari dalam kulit wajag. Selain pada hidung,komedo ini seringkali muncul pada pipi dan dahi. Cara menghilangkan komedo putih lebih sulit daripada menghilangkan komedo hitam karena letaknya ada dibawah epitel kulit.

Penyebab Komedo
Sebelum kita bahas cara menghilangkan komedo alangkah lebih baiknya kita ketahui apa saja penyebab komedo pada hidung maupun wajah kita. Dengan mengetahui penyebab komedo diharapkan setelah komedo hilang tidak akan muncul komedo lagi. Ada banyak faktor penyebab munculnya komedo yaitu:
1.stress
2.perubahan hormon
3.pemakaian kosmetik berlebihan/tidak cocok dengan kosmetik yang dipakai.
4.Merokok
5.Kafein
6.Bakteri
7.Terpapar polusi
8.Kurang bersihnya bagian wajah
9.tidak membersihkan wajah dengan rutin
10.kurang memperhatikan kebersihan seprei dan bantal.

cara menghilangkan komedo secara alami
Ada banyak cara menghilangkan komedo secara alami maupun menggunakan berbagai bahan kimia. Tetapi lebih baik kita coba menggunakan cara alami karena selain lebih aman,cara ini juga lebih ampuh untuk menghilangkan komedo walaupunn membutuhkan waktu lebih lama. Berikut adalah cara alami menghilangkan komedo:


1.Lobak
Sayur lobak mempunyai khasiat dalam menghilangkan komedo, caranya adalah menumbuk lobak secara halus kemudian tambahkan air,jadikan sebagai masker dan diamkan selama 30 menit,gunakan tips ini satu minggu sekali.

2.putih telur
Mungkin teman-teman sudah sering mendengar cara menghilangkan komedo menggunakan putih telur, cara ini memang masih efektif dalam menghilangkan komedo. Caranya adalah dengan menggunakan satu butir telur kemudian ambil putih telurnya dan kocok hingga mengeluarkan busa dan oleskan ke bagian wajah yang berkomedo.setelah itu tutup dengan tisu dan tunggu hingga kering.jika sudah kering,angkat tisu secara perlahan,komedo sudah menempel pada tisu.

3.Pepaya
Buah papaya terkenal akan banyak manfaatnya bagi kesehatan. Tapi siapa sangka ternyata buah ini juga memiliki manfaat dalam menghilangkan komedo. Kita dapat membuat masker papaya menggunakan tambahan susu ataupun madu. Selain dapat menghilangkan komedo,pepaya juga berfungsi untuk mengencangkan,memutihkan dan menghaluskan kulit.

4.Lemon
Lemon mengandung berbagai vitamin yang mempunyai banyak manfaat bagi perawatan kulit,salah satunya adalah dalam menghilangkan komedo. Lemon mengandung vitamin C, flavonoid dan asam sitrat yang berfungsi untuk menghilangkan jerawat,noda hitam,mengurangi minyak dan memperbaharui sel kulit mati. Cara menggunakan lemon untuk menghilangkan komedo adalah dengan menggunakan air perasan lemon pada bagian wajah yang berkomedo.gunakan tips menghilangkan komedo ini pada malam hari sebelum tidur. Lakukan secara rutin untuk mengurangi komedo pada hidung maupun wajah kita.

5.Kulit Jeruk
Selain lemon,kita dapat mengurangi komedo pada wajah dengan menggunakan kulit jeruk. Caranya cukup tempelkan kulit jeruk pada bagian wajah yang berkomedo.

6.Lidah Buaya
Manfaat lidah buaya selain dapat digunakan untuk menyuburkan rambut ternyata dapat juga untuk menghilangkan komedo. Cara menghilangkan komedo menggunakan lidah buaya adalah dengan menumbuk beberapa batang lidah buaya kemudian gunakan sebagai masker. Gunakan setiap malam sebelum tidur untuk hasil yang maksimal.

7.Air Garam
Cara menghilangkan komedo menggunakan air garam cukup mudah yaitu dengan membasuh wajah menggunakan air garam. Gunakan cara ini setiap dua kali sehari untuk menghilangkan komedo secara cepat.

8.Daun Kemangi
Selain berfungsi untuk lalapan, daun kemangi juga dapat digunakan untuk menghilangkan komedo. Caranya adalah dengan menumbuk daun kemangi hingga halus kemudian oleskan pada bagian wajah yang berkomedo dan diamkan selama 30 menit lalu bilas wajah menggunakan air dingin.

9.Es Batu
Terapi es batu adalah cara sederhana dalam mengobati komedo pada wajah. Selain itu es batu juga dapat berfungsi untuk mengecilkan pori-pori pada wajah. Cara menggunakan es batu untuk menghilangkan komedo adalah dengan menempelkan es batu pada bagian wajah berkomedo selama 5-10 menit.


10.Tomat
Tomat juga dapat digunakan untuk menghilangkan komedo pada wajah kita caranya adalah dengan membuat masker dari tomat dan gunakan pada bagian wajah yang berkomedo.

Sekian tips menghilangkan komedo secara alami dari saya. Cara tersebut cukup mudah untuk digunakan dan tidak memerlukan biaya mahal.selamat mencoba

sumur : http://www.kaskus.co.id/thread/5513f707925233e7538b4573/cara-menghilangkan-komedo-secara-alami/

Artikel Terkait

Share this:

Disqus Comments