Mitos Seputar Migrain

Migrain bukan sakit kepala biasa, melainkan sebuah penyakit. Rasa pusing yang timbul merupakan gejala migrain.

Migrain terjadi karena vasodilatasi atau perluasan pembuluh darah. Sementara, sakit kepala terjadi karena penyempitan pembuluh darah dan peradangan jaringan tertentu di kepala memperburuk rasa sakit. Gejala lain dari kondisi ini termasuk muntah, mati rasa, mual, ketidakmampuan berbicara, rasa sakit di kepala, dan bahkan kepekaan terhadap kondisi cahaya normal.



  1. Migrain bukan sekadar sakit kepala. Ini adalah kondisi neurologis yang menampilkan sakit kepala sebagai salah satu gejalanya. Bahkan untuk beberapa kasus, migrain bisa terjadi tanpa sakit kepala.
  2. Beberapa orang berpikir migrain hanya menyerang wanita, namun statistik membuktikan bahwa sekitar 8 persen pria dan 18 persen wanita menderita penyakit ini.
  3. Ada mitos menyebutkan bahwa migrain tak bisa disembuhkan. Meskipun belum ditemukan obatnya, ahli kesehatan bisa membantu dalam mengurangi sakit migrain dan meredakan gejalanya.
  4. Banyak orang berpikir migrain hanya terjadi beberapa hari. Namun, penyakit ini bisa berlangsung dalam jangka waktu yang panjang hingga berbulan-bulan pada beberapa kasus.
  5. Ada mitos lain yang berkata bahwa sakit kepala tidak bisa menyebabkan kematian, namun migrain bisa. Penyakit yang mengancam jiwa ini bisa menyebabkan stroke. Beberapa orang dengan jenis migrain tertentu meninggal akibat masalah kardiovaskular.
  6. Migrain hanya menyerang orang dewasa. Faktanya, anak kecil bisa menderita migrain.
  7. Stres dipercaya sebagai penyebab utama migrain. Faktanya, migrain bisa terjadi karena kondisi neurologis yang dapat dipicu oleh apa pun yang menyebabkan vasodilatasi dari pembuluh darah tengkorak.

sumur : http://www.kaskus.co.id/thread/56ab0e8da2c06ec76e8b456d/7-mitos-seputar-migrain/

Artikel Terkait

Share this:

Disqus Comments